Thursday, June 16, 2016

Bahasa Ketengban




                              

Bahasa Indonesia- ketengban









 







                                                        Disusun oleh :
  Calvin Malo

Disusun guna mendalam bahasa daerah
Sebagai sarana masa depan papua
Jayapura
2016


1. Ucapan Selamat
Selamat Pagi               - Telepe Ipna
Selamat siang             - Telepe Komuni
Selamat Sore              - Telepe Sintara
Selamat Malam           - Telepe Lukunda
Selamat Jalan             - Telepe Dabeyo
Selamat Tingga           - telepe Dakuyo
Selamat bekerja         - telepe dapedoyo
Selamat Hari minggu  - telepe Allah er taru 
2. BINATANG
Babi                               - Bisam
Anjing                          - Kam
Burung                        - Ma
Ular                             - bal
Katak                           - kori
Ikan                             - mokon deki kori
Naga                            - seremngi
Elang                           - muldamngi
Merpati                        - pok-pok
Hantu                           - koyit
Beruduh                      - ari
Ayam                           - ati ma
Babi hutan                   - Bura Bisam
Monyet                         - bura ngebo
3. Bendah
Rumah               - ati
Gereja             - Allah upu ati
Pesawa           - umpp pena
Pohon              - so
Batu                 - gil
Kayu Bakar      - ati so
Halaman          - atidam
Baju                 - nongkemna
Televisi                        - asuru dina
Bolpen             - buru kamet
Permainan      – kamet
Hp                    - upu pedidankesa
Kursi               - bungne kesa
Meja-               -sengne kesa
Lagu                - mute
Sekolah           - Sengne ati
Sapok              - Rokok
Laut                 - mokon
Langit              - Im
Kertas             - sengna kesa
Lampu             - upna
Air                   - Me
Uang                -Sob

4. TUBUH  MANUSIA ( NIMI NONG)
Mata                     : Asuru
Tangan                 : buru
Telinga                 : Amol
Kaki                      : Yan
Jantung               : Dipru
Kepalah               : Kiso
Hidung                 : Uwe
Pantan                 : Deibon
Jari Kaki              : Yan gala
Jari tangan         : Buru Gala
Perut                   : Mumun                                       
Paha                    : Kail Danatamna                           
Gigi                      : Si
Mulut                    : Bambol
Kumis                  : Banpotong
Lutut                    : Kail
Kemaluan (Laki2): Den, Bolop
Kemaluan(Perem): Bira
Belakang             : Amnyotara
Daya Pikir            :Kangi tenena
Lutut                    :Kail Tengdingi
Tulang                  : Yo
Tali Perut             : Lyu
Tali Pusat            : Mi Derina
Daging                 :Nonge
Leher                   : Gekrum
Hingus                 : Ina
Batuk                   : Kulukna
5. KATA SIFAT
Senang                     : Telepe
Malas                        :Dabale
Jujur                        : Teksisi
Tak jujur                   : Men teksisi
Loyo                          :Boun
Kuat                          : Peldonngebo
Diam                         :dim penngebo
Suka Bicara             :Upu pam Ngebo/Ner
Sedih                        :Bisawe
Marah                       : Deremna
 Pemarah                 : deremne ngebo/ner
Cepat                        : sigum
Pelan                        :bouna   
                                
6. KELUARGA
1. Bapa             : natok
2. mama          : Nanin
3.kaka             : ne dubo
4. adik             : ne weite
5. ipar             : ne Yamal
6. Istri             : ne ner
7. suami          : Ne akingi
8. nene            : nain
9. tanta           : Ne nauw
10. saudarah   : ne kabo
11. saudari       : Nekaner
12.tete              : ne apu
13. pacar         : ne dipru
7. HITUNGAN
1.= Tenpu
2= bitini
3. = weneri
4.=dumbari
5= pamubari
6=ngantanbari
7= yonitambari
8=toupne
9= dangol
10=kum
8. PERASAAN
1. dabale             : loyo, kuang baik
2. telepe             : senang
3. mali                : kurang baik
4. munpena        : perasaan Cinta
5. kangitenena   : memikirkan
6. bisawe           : bersedih
7. engena           : menangis
8. yue                 : emosi
9. auwtuna         : tertawa
10.uwe                :mengantuk












“SELAMAT MEMBACA SEMOGA DIPAHAMI”

PROPOSAL KU




                               PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA
DAN KINERJA PEGAWAI
( PADA DINAS  BAPEDA KOTA JAYAPURA)


PROPOSAL
Diajukan untuk diseminarkan sebagai sala satu syarat
Dalam Penulisan Skripsi

Oleh :
KALVIN MALO
NIM : 0130441214



 










JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS CENDERAWASIH
JAYAPURA
2016


                                                             DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang...........................................................................................................    3
B.     Rumusan masalah......................................................................................................    4
C.     Tujuan Penelitian.......................................................................................................    6
D.    Manfaat Peneliian......................................................................................................    6
BAB II LANDASAN TEORI
A.    Penelitian Terdahulu..................................................................................................    7
B.     Teori...........................................................................................................................    9
C.     Kerangka Konseptual................................................................................................   11
D.    Hipotesis....................................................................................................................   13
BAB III METODE PENELITIAN
1.      Lokasi Penelitian........................................................................................................   15
2.      Populasi dan Sampel..................................................................................................   15
3.      Jenis-jenis Data..........................................................................................................   15
4.      Teknik Pengambilan Data..........................................................................................   16
5.      Metode Analisa Data.................................................................................................   16
6.      Definisi Operasional..................................................................................................   19
7.      Sistematika Penulisan................................................................................................   22
8.      Jadwal penelitian.......................................................................................................   24
9.      DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 25











BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah

Perubahan lingkungan organisasi yang semakin kompleks dan kompetitif,menuntut setiap organisasi dan perusahaan untuk bersikap lebih responsif agarsanggup bertahan dan terus berkembang.Untuk mendukung perubahan organisasitersebut, maka diperlukan adanya perubahan individu. Proses menyelaraskanperubahan organisasi dengan perubahan individu ini tidaklah mudah. Pemimpinsebagai panutan dalam organisasi, sehingga perubahan harus dimulai dari tingkatyang paling atas yaitu pemimpin itu sendiri. Maka dari itu, organisasimemerlukan pemimpin reformis yang mampu menjadi motor penggerak yangmendorong perubahan organisasi.
Sampai saat ini, kepemimpinan masih menjadi topik yang menarik untukdikaji dan diteleti, karena paling sering diamati namun merupakan fenomenayang sedikit dipahami. Fenomena gaya kepemimpinan di Indonesia menjadisebuah masalah menarik dan berpengaruh besar dalam kehidupan politik danbernegara. Dalam dunia bisnis, gaya kepemimpinan berpengaruh kuat terhadapjalannya organisasi dan kelangsungan hidup organisasi. Peran kepemimpinansangat strategis dan penting dalam sebuah organisasi sebagai salah satu penentukeberhasilan dalam pencapaian misi, visi dan tujuan suatu organisasi. Maka dariitu, tantangan dalam mengembangkan strategi organisasi yang jelas terutamaterletak pada organisasi di satu sisi dan tergantung pada kepemimpinan (Porter,1996 : dalam Sunarsih, 2001).
Model kepemimpinan modern seperti kepemimpinan transformasionalmemainkan peranan penting bagi organisasi.Bass (1985) dalam Sunarsih (2001)mendefinisikan bahwa kepemimpinan transformasional sebagai pemimpin yangmempunyai kekuatan untuk mempengaruhi bawahan dengan cara-cara tertentu.
Bawahan merasa percaya, kagum, loyal dan hormat terhadap atasannya sehinggabawahan termotivasi untuk berbuat lebih banyak dari pada apa yang biasadilakukan dan diharapkannya. Jung dan Avolio (1999) dalam Sunarsih (2001)juga menyatakan bahwa kepemimpinan transformasional meliputi pengembanganhubungan yang lebih dekat antara pemimpin dengan pengikutnya, bukan hanyasekedar sebuah perjanjian tetapi lebih didasarkan kepada kepercayaan dankomitmen. Kepemimpinan transformasional pada prinsipnya memotivasibawahan untuk berbuat lebih baik dari apa yang biasa dilakukan, dengan kata laindapat meningkatkan kepercayaan atau keyakinan diri bawahan yang akanberpengaruh terhadap peningkatan kinerja.
Kantor-kantor cabang perusahaan ini merupakan pengelompokan kerja dalambentuk unit kerja dan masing-masing unit kerja itu dipimpin oleh seorang kepalacabang.Di dalamnya terdapat beberapa staf dalam bidang administrasi dangudang, sales supervisor dan salesman.Para salesman dan sales supervisor inilahyang terjun langsung dan bertatap muka dengan konsumen, mereka menjadisala satu tenaga pengajar yang berkompeten.Gaya kepemimpinan yang efektif dalam mengelola sumber daya manusiadalam suatu unit kerja akan berpengaruh pada perilaku kerja yang diindikasikandengan peningkatan kepuasan kerja individu dan kinerja unit itu sendiri, yangpada akhirnya akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.Seorang pemimpin juga harus mampu menciptakan komitmen organisasi padakaryawannya dengan menanamkan visi, misi, dan tujuan dengan baik untukmembangun loyalitas dan kepercayaan dari karyawannya. Komitmen karyawandiindikasikan menjadi pemediasi pengaruh gaya kepemimpinan terhadapkepuasan kerja dan kinerja.Mengingat pentingnya masalah tersebut, maka penulis tertarik untukmelakukan telaah ilmiah yang berjudul
“PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA
DAN KINERJA PEGAWAI PADADINAS BAPEDA KOTA JAYAPURA”

B.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, kita ketahui bahwa permasalahansumber daya manusia dalam organisasi/ Dinas  pada dasarnya merupakan masalah yangrumit karena menyangkut masalah individu. Setiap individu mempunyaikebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda, tidak banyak orang yangmendapatkan kepuasan atas kompensasi dan penghargaan yang mereka harapkantidak banyak pula orang yang mempunyai kesempatan mengekspresikan diri danmerasakan kebebasan atas kendali yang dinikmati saat dia bekerja.Permasalahan-permasalahan individu dalam organisasi seperti itulah yang harusmenjadi perhatian dari seorang pemimpin.Pemimpin yang efektif yaitupemimpin yang mengakui kekuatan-kekuatan penting yang terkandung dalamindividu atau kelompok.Fleksibilitas pemimpin dalam pendekatan terhadapmasalah-masalah individu ini nantinya dapat menjadi dasar untukmengoptimalkan kinerja serta merancang sistem organisasi yang lebih baik.Dari tinjauan singkat Dinas Bapeda Kota jayapuratersebut di atasdapat kita ketahui bahwa orientasi perusahaan tertuju pada pemberian pelayananterbaik dan kinerja yang professional.
Peran seorang pemimpin adalah menciptakan semangat dan gairah kerja
seluruh pegawainya. Pemimpin juga harus bisa menjelaskan visi dan misiorganisasi dengan baik dan mengarahkan pegawai-pegawainya kepada tujuanyang jelas. Seorang pemimpin harus bisa menyampaikan tugas dan target denganjelas, menjadi teladan dan inspirasi, menciptakan suasana kerja yangmenyenangkan, menerima keluhan dan berdiskusi, memberi otonomi danmemotivasi karyawan-karyawannya untuk terus maju. Dengan demikianpemimpin mampu mencetak karyawan yang kreatif, mencintai pekerjaanya sertaloyal terhadap organisasi.Pemimpin seperti ini nantinya juga dapat mengkontrolbagaimana kinerja para pegawainya serta menanggulangi berbagai hambatannya.Seorang pemimpin harus dapat memahami permasalahan individu,menumbuhkan kepercayaan dari pengikutnya, memberikan wawasan dan mejaditeladan yang akan berpengaruh positif terhadap perilaku kerja karyawan. Selain
Dengan demikian, berdasarkan uraian di atas maka yang menjadi rumusan
masalah pada penelitian ini adalah:
1. Bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Dinas Bapeda Kota Jayapura terhadap kepuasan kerja danterhadap kinerja?
2. Bagaimana pengaruh komitmen Dinas Bapeda Kota Jayapura  terhadap kepuasan kerja terhadap kinerja Pegawai?
3. Bagaimana pengaruh komitmen Dinas Bapeda Kota Jayapurasebagai pemediasi hubunganantara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan terhadap kinerja?


C.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilakukepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan kinerja Pegawai  dengan komitmenDinas  sebagai sala satu bentuk organisasi  pada karyawan Dengan mengetahui hubungan tersebut, selanjutnya akan dapatmembantu Dinas Bapeda Kota Jayapura  dalam menanggulangi permasalahan-permasalahanbaik individu maupun kelompok yang nantinya dapat digunakanoleh pimpinan dalam menerapkan kebijakan dan peraturan, menjaga stabilitaskerja serta meningkatkan produktivitas organisasi yang mampu menciptakan Lapangan kerja yang handal.
D.     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pihakDinas Bapeda Kota Jayapura dalammelakukan strategi yang tepat untuk dapat meningkatkan kinerja dankepuasan kerja pegawai  terutama dengan menggunakan gayakepemimpinan dan menciptakan komitmen organisasi dengan tepat.
2. Hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi bahan penelitianselanjutnya dalam rangka menambah khasanah akademik sehinggaberguna untuk pengembangan ilmu, khususnya bidang ManajemenSumber Daya Manusia.













BAB II
LANDASAN TEORI

A.    Penelitian Terdahulu
B.     Darwish A. Yousef (2000), “Organisational Commitment: A Mediator of The
C.     Relationship of Leadership Behavior with Job Satisfaction and Performance in Non-
D.    Western Country”. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komitmen organisasi
E.     memediasi hubungan antara gaya kepemimpinan dengan kepuasan kerja dan kinerja,
F.      selain itu penelitian ini juga menemukan bahwa budaya nasional menjadi moderasi
G.    hubungan antara gaya kepemimpinan dengan kepuasan kerja.
H.    Lee Huey Yiing and Kamarul Zaman Bin Ahmad (2009), ”The Moderating
I.        Effects of Organizational Culture on The Relationships Between Leadership
J.       Behaviour and Organizational Commitment and Between Organizational
K.    Commitment and Job Satisfaction and Performance”. Penelitian ini mengacu pada
L.     penelitian Yousef (2000) di atas, hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa tiga
M.   elemen budaya organisasi (budaya birokratik, inovatif dan suportif) memoderasi
N.    secara signifikan hubungan antara gaya kepemimpinan parsitipatif dan gaya
O.    kepemimpinan suportif terhadap komitmen organisasi. Sedangkan hubungan antara
P.      gaya kepemimpinan direktif terhadap komitmen organisasi hanya dimoderasi oleh
Q.    dua elemen saja yaitu budaya inovatif dan suportif. Ketiga elemen budaya organisasi
R.     tersebut juga tidak memoderasi hubungan antara komitmen organisasi dan kinerja
S.      karyawan. Sedangkan hasil penelitian lebih lanjut mengemukakan bahwa komitmen
T.      organisasi memiliki hubungan negatif terhadap kepuasan kerja dan hanya memiliki
U.    hubungan positif lemah terhadap kinerja karyawan. Menurut Lee Huey Yiing and
V.     57
W.   Kamarul Zaman Bin Ahmad (2009), hal ini disebabkan adanya perbedaan faktorfaktor
X.    demografi dari tiap-tiap responden seperti umur, latar belakang budaya serta
Y.    tingkat pendidikan yang tinggi yang membuat karyawan puas terhadap pekerjaan
Z.     mereka namun tidak ingin berkomitmen terhadap organisasinya.
AA.Elisabeth A. Sorentino (1992), “The Effect of Head Nurse Behavior on Nurse
BB.              Job Satisfaction and Performance”. Penelitian ini mencoba menguji hubungan antara
CC.              gaya kepemimpinan kepala rumah sakit yang selalu memberikan petunjuk dan
DD.             dorongan terhadap kepuasan kerja perawat-perawatnya. Hasilnya adalah dorongan
EE.dan semangat yang diberikan oleh kepala perawat tersebut berpengaruh positif
FF. terhadap kepuasan kerja dan kinerja perawat.
GG.             Sri Trisnaningsih (2007), “Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi
HH.             Sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan
II.    Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Auditor”. Pada penelitiannya, Sri
JJ.    Trisnaningsing (2007) menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh
KK.             langsung terhadap kinerja auditor. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa gaya
LL.kepemimpinan dalam kantor akuntan publik sebagai faktor yang dominan dalam
MM.           menentukan dan pembentukan karakter perusahaan. Selanjutnya karakter perusahaan













      B. Teori
Gaya kepemimpinan dari seorang pemimpin, pada dasarnya dapatditerangkan melalui tiga aliran teori sebagai berikut :
1. Teori Genetis (Keturunan)
Inti dari teori ini menyatakan bahwa “leader are born and not made”(pemimpin itu dilahirkan sebagai bakat dan bukannya dibuat). Para penganutaliran teori ini berpendapat bahwa seorang pemimpin akan menjadi pemimpinkarena ia telah dilahirkan dengan bakat kepemimpinannya. Dalam keadaan yangbagaimanapun seseorang ditempatkan karena ia telah ditakdirkan menjadipemimpin, sesekali kelak ia akan timbul sebagai pemimpin. Berbicara mengenai takdir, secara filosofis pandangan ini tergolong pada pandangan fasilitas ataudeterminitis.
2. Teori Sosial
Jika teori pertama di atas adalah teori yang ekstrim pada satu sisi, maka teoriinipun merupakan ekstrim pada sisi lainnya. Inti aliran teori sosial ini ialahbahwa “leader are made and not born” (pemimpin itu dibuat atau dididik danbukannya kodrati). Jadi teori ini merupakan kebalikan inti teori genetika.Parapenganut teori ini mengetengahkan pendapat yang mengatakan bahwa setiaporang bisa menjadi pemimpin apabila diberikan pendidikan dan pengalamanyang cukup.
3. Teori Ekologis
Kedua teori yang ekstrim di atas tidak seluruhnya mengandung kebenaran, makasebagai reaksi terhadap kedua teori tersebut timbullah aliran teori ketiga. Teoriyang disebut teori ekologis ini pada intinya berarti bahwa seseorang hanya akanberhasil menjadi pemimpin yang baik apabila ia telah memiliki bakatkepemimpinan.

Bakat tersebut kemudian dikembangkan melalui pendidikanyang teratur dan pengalaman yang memungkinkan untuk dikembangkan lebihlanjut.Teori ini menggabungkan segi-segi positif dari kedua teori terdahulusehingga dapat dikatakan merupakan teori yang paling mendekati kebenaran.Selain teori-teori dan pendapat-pendapat yang menyatakan tentang timbulnyagaya kepemimpinan tersebut, Hersey dan Blanchard (1992) mengemukakan bahwagaya kepemimpinan pada dasarnya merupakan perwujudan dari tiga komponen,yaitu pemimpin itu sendiri, bawahan, serta situasi di mana proses kepemimpinantersebut diwujudkan. Bertolak dari pemikiran tersebut, Hersey dan Blanchard (1992)mengajukan proposisi bahwa gaya kepemimpinan (k) merupakan suatu fungsi daripemimpin (p), bawahan (b) dan situasi tertentu (s), yang dapat dinotasikan sebagai :k = f (p, b, s). Menurut Hersey dan Blanchard, pemimpin (p) adalah seseorang yangdapat mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk melakukan unjuk kerjamaksimum yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan organisasi. Organisasi akanberjalan dengan baik jika pemimpin mempunyai kecakapan dalam bidangnya, dansetiap pemimpin mempunyai keterampilan yang berbeda, seperti keterampilanteknis, manusiawi dan konseptual. Sedangkan bawahan adalah seorang atausekelompok orang yang merupakan anggota dari suatu perkumpulan atau pengikutyang setiap saat siap melaksanakan perintah atau tugas yang telah disepakati bersamaguna mencapai tujuan.Dalam suatu organisasi, bawahan mempunyai peranan yang sangat strategis,karena sukses tidaknya seseorang pimpinan bergantung kepada para pengikutnya ini.Oleh sebab itu, seorang pemimpin dituntut untuk memilih bawahan dengan secermatmungkin. Adapun situasi (s) menurut Hersey dan Blanchard adalah suatu keadaanyang kondusif, di mana seorang pemimpin berusaha pada saat-saat tertentumempengaruhi perilaku orang lain agar dapat mengikuti kehendaknya dalam rangkamencapai tujuan bersama. Dalam satu situasi misalnya, tindakan pemimpin padabeberapa tahun yang lalu tentunya tidak sama dengan yang dilakukan pada saatsekarang, karena memang situasinya telah berlainan. Dengan demikian, ketiga unsure yang mempengaruhi gaya kepemimpinan tersebut, yaitu pemimpin, bawahan dan
situasi merupakan unsur yang saling terkait satu dengan lainnya, dan akanmenentukan tingkat keberhasilan kepemimpinan itu sendiri.
C.    Kerangka Konseptual
Dalam praktiknya, dari ketiga gaya kepemimpinan tersebut berkembangbeberapa tipe kepemimpinan; di antaranya adalah sebagian berikut (Siagian,1997).
1. Tipe Otokratis
Seorang pemimpin yang otokratis ialah pemimpin yang memiliki kriteria atauciri sebagai berikut:
a. Menganggap organisasi sebagai pemilik pribadi;
b. Mengidentikkan tujuan pribadi dengan tujuan organisasi;menganggap bawahan sebagai alat semata-mata;
c. Tidak mau menerima kritik, saran dan pendapat;
d. Terlalu tergantung kepada kekuasaan formalnya;
e. Dalam tindakan penggerakkannya sering mempergunakan pendekatanyang mengandung unsur paksaan dan bersifat menghukum.
2. Tipe MiliteristisPerlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa yang dimaksud dari seorangpemimpin tipe militerisme berbeda dengan seorang pemimpin organisasimiliter. Seorang pemimpin yang bertipe militeristis ialah seorang pemimpinyang memiliki sifat-sifat berikut :
a. Dalam menggerakan bawahan sistem perintah yang lebih seringdipergunakan;
b. Dalam menggerakkan bawahan senang bergantung kepada pangkatdan jabatannya;
c. Senang pada formalitas yang berlebih-lebihan;
d. Menuntut disiplin yang tinggi dan kaku dari bawahan;
e. Sukar menerima kritikan dari bawahannya;
f. Menggemari upacara-upacara untuk berbagai keadaan.
3. Tipe Paternalistis
Seorang pemimpin yang tergolong sebagai pemimpin yang paternalistis ialahseorang yang memiliki ciri sebagai berikut :
a. Menganggap bawahannya sebagai manusia yang tidak dewasa;bersikap terlalu melindungi (overly protective);
b. Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untukmengambil keputusan;
c. Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untukmengambil inisiatif;
d. Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untukmengembangkan daya kreasi dan fantasinya;
e. Sering bersikap maha tahu.
4. Tipe Karismatik
Hingga sekarang ini para ahli belum berhasil menemukan sebab-sebab-sebabmengapa seseorang pemimpin memiliki karisma.Umumnya diketahui bahwapemimpin yang demikian mempunyai daya tarik yang amat besar dankarenanya pada umumnya mempunyai pengikut yang jumlahnya yang sangatbesar, meskipun para pengikut itu sering pula tidak dapat menjelaskanmengapa mereka menjadi pengikut pemimpin itu.Karena kurangnyapengetahuan tentang sebab musabab seseorang menjadi pemimpin yangkarismatik, maka sering hanya dikatakan bahwa pemimpin yang demikiandiberkahi dengan kekuatan gaib (supra natural powers).Kekayaan, umur,kesehatan, profil tidak dapat dipergunakan sebagai kriteria untuk karisma.
5. Tipe Demokratis
Pengetahuan tentang kepemimpinan telah membuktikan bahwa tipepemimpin yang demokratislah yang paling tepat untuk organisasi modern.Hal ini terjadi karena tipe kepemimpinan ini memiliki karakteristik sebagaiberikut :
a. Dalam proses penggerakan bawahan selalu bertitik tolak daripendapat bahwa manusia itu adalah makhluk yang termulia di dunia;
b. Selalu berusaha mensinkronisasikan kepentingan dan tujuanorganisasi dengan kepentingan dan tujuan pribadi dari padabawahannya;
c. Senang menerima saran, pendapat, dan bahkan kritik daribawahannya;
d. Selalu berusaha mengutamakan kerjasama dan teamwork dalam usahamencapai tujuan;
e. Ikhlas memberikan kebebasan yang seluas-luasnya kepadabawahannya untuk berbuat kesalahan yang kemudian diperbaiki agarbawahan itu tidak lagi berbuat kesalahan yang sama, tetapi lebihberani untuk berbuat kesalahan yang lain;
f. Selalu berusaha untuk menjadikan bawahannya lebih suksesdaripadanya;
g. Berusaha mengembangkan kapasitas diri pribadinya sebagaipemimpin.Secara implisit tergambar bahwa untuk menjadi pemimpin tipe demokratisbukanlah hal yang mudah.Namun, karena pemimpin yang demikian adalah yangpaling ideal, alangkah baiknya jika semua pemimpin berusaha menjadi seorangpemimpin yang demokratis.




D.    Hipotesis
Untuk menguji hipotesis yang telah diajukan dan untuk menguji pengaruhvariabel mediasi (variabel intervening) dalam memediasi variable independenterhadap variable dependen digunakan metode analisis regresi linear, analisisjalur dan Sobel Test. Analisis jalur merupakan perluasan dari analisis regresiberganda, atau dengan kata lain analisis jalur adalah penggunaan analisis regresiuntuk menaksir hubungan kausalitas antar variabel yang telah ditetapkansebelumnya berdasarkan teori. Persamaannya antara lain adalah sebagai berikut :
Komitmen Org. = a + β1Gaya Kep + e1……………………….………(1)
Kepuasan Kerja = a + β1Gaya Kep+ β2Komitmen Org+ e2…(2)(3)
Kinerja = a + β1Gaya Kep+ β2Komitmen Org+e3…..(4)(5)
Keterangan :a : Konstanta
β :Koefisien Regresi
e : Error
Dalam menguji hipotesis yang diajukan, peneliti menggunakan ujisignifikansi simultan (uji statistik F) dan uji parameter individual (uji stastistik t).Menurut Ghozali (2005) uji stastistik F pada dasarnya menunjukkan apakahsemua variabel bebas yang dimaksudkan dalam model mempunyai pengaruhsecara simultan terhadap variabel dependen, sedangkan uji stastistik  padadasarnya menunjukkan seberapa jauh pengaruh satu variabel independen secaraindividual dalam menerangkan variabel dependen.Pengujian dilakukan dengan menggunakan significance level 0,05(α=5%). Penerimaan atau penolakan hipotesis dilakukan dengan kriteria sebagai
berikut :
1. Jika nilai signifikan > 0,05 maka hipotesis ditolak (koefisien regresi tidak
signifikan). Ini berarti bahwa secara parsial variabel independen tersebuttidak mempunyaipengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.
2. Jika nilai signifikan ≤ 0,05 maka hipotesis diterima (koefisien regresisignifikan). Ini berarti secara parsial variabel independen tersebutmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.Data dalam penelitian ini akan diolah dengan menggunakan programStatistical Package for Social Sciences (SPSS) 15.0. Hipotesis dalam penelitianini dipengaruhi oleh nilai signifikansi koefisien variabel yang bersangkutansetelah dilakukan pengujian.Kesimpulan hipotesis dilakukan berdasarkan t-testdan F-test untuk menguji signifikansi variabel–variabel independen terhadapvariabel dependen.


BAB III METODE PENELITIAN
.
1.Lokasi Penelitian
Peneliti melaukan penelitian bertempat di Kantor Dinas BAPEDA kota jayapura, Entrop

2. Populasi dan Sampel
       Populasi didefinisikan sebagai keseluruhan subyek penelitian (Arikunto, 1998 : 115). Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh pegawai dan karyawan Dinas Bapeda Kota jayapura.
Pada penelitian ini jumlah sampel sebanyak 100 pegawai Pada Dinas Bapeda Kota Jayapura. Penentuan jumlah sampeldidasarkan pada pendapat dari Roscoe (1975) dalam Sekaran (2000) yang menyatakan bahwa pertama, ukuran sampel yang lebih besar dari 30 dan kurangdari 500 pada kebanyakan penelitian sudah mewakili. Kedua, jika sampel dibagidalam subsample, maka setiap kategori diperlukan minimal 30 sampel.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan stratifiedrandom sampling yaitu sekelompoksubyek secara acak berdasar ciri atau sifattertentu yang dianggap memiliki hubungan erat dengan sifat-sifat populasi.



3. Jenis dan Sumber Data
a. Jenis Data 
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif karena data yang diperoleh adalah hasil penilaian atau persepsi dari responden terhadap objek penelitian. 
b. Sumber Data 
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 
  1. Data Primer Merupakan data yang didapat dari sumber pertama baik dari individu atau perseorangan seperti dari hasil wawancara atau hasil pengisian kuisioner yang biasa dilakukan oleh peneliti. 
  2. Data Sekunder Merupakan data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak lain. 



4. Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data menggunakan metode survey melalui pembagiankuesioner kepada responden. Syamsul Hadi (2006) menyatakan bahwa kuisioneradalah set pertanyaan yang sudah disiapkan dan ditulis sebelumnya oleh peneliti,untuk dimintakan jawabannya pada responden, kuisioner tidak selalu berupapertanyaan, namun juga dapat berupa pernyataan. Proses penyebaran danpengumpulan kuesioner dilakukan secara langsung di tempat yang menjadi obyekpenelitian. Alasan menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesionersecara langsung kepada responden adalah agar peneliti dapat menghemat waktu,
tenaga, dan biaya. Penggunaan metode tersebut juga diharapkan dapatmengungkap persepsi responden yang sebenarnya.


5. Metode Analisa Data
      Data primer dan data sekunder dianalisis secara deskriptif dengan batuan tabel dalam jumlah persentase.Dalam pendekatan analisis, maka data diolah secara kuantitatif dengan metode statistik parametrik. Berdasarkan identifikasi masalah dan hipotesis yang diajukan, maka langkah-langkah analisis statistik yang akan dilakukan dalam pengolahan hasil penelitian adalah sebagai berikut : 
1.Rentang Kriteria Pengukuran 
Tahapan proses untuk menentukan rentang kriteria pengukuran data adalah sebagai berikut : 
a. Tentukan skor terendah dan tertinggi 
dengan cara mengalikan jumlah sampel yang diketahui adalah N = 74 orang/responden dengan bobot yang paling rendah (74 x 1) dan bobot paling tinggi (N x 5), maka didapat rentang terendah adalah 74, sedangkan yang tertinggi adalah 370.

b. Rentang Interval tiap kriteria untuk skor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhpLl1Evwo1KLZztPnTTNnUM67pIUN2KF9BrCz9xXOW8wXcCeZSokIzqWgEq3aXWz0aV0_Z83GmguHpn8vyF3rzr10oaIzP_gEr342xi9hbme2-7smWsdTRaSdMGrvmHV0_poqKmMqY260/s400/ugiguyuiu.png



c. Daftar skala penilaian tiap kriteria
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjB5iZrCZLdTEvdSkQWKB8kMiPzz16ZiR8GFEoQ4W8oRsaQBtg_S2Cs9X5KyGi9cRXtkguPExEyavemiC-BBsqsWqWNK_1kyL4L63XI000TNDXsD1CQPkjEa9mzuj2dsUL2i1pxFv8STtM/s1600/cc.png
2. Analisis Regresi Linier Berganda
Adalah analisis yang digunakan untuk menentukan pengaruh antara variabel bebas (Penempatan dan Motivasi) dengan variabel terikatnya (Kinerja). Menurut Sugiyono dalam bukunya “Statistik untuk Penelitian” (2012 : 275), persamaan regresi adalah sebagai berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8bRrxChOgoRQJmOU9H5hGmoUrUIMD_nOKqQ2Ms3QhMVuIXUUDmjMdDmslHyVv2KHLqMNFjXlcHByhTSLRUoTHU3_0yO5gG_1Ey9m6dsApscdKaS3W03S_yhRAlnau5p_bU30JTg-SSd8/s400/regresi+ganda.png

Nilai a dan b dapat dihitung dengan menggunakan rumus :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR9vCDWIDYwIFu_uxR6jFLfzYbGktt1RISPsHW_nUi48xdU1mMkrJkh2tz4aN-7e9GebfRqR8cfn8zKS2Wt0Nm9u2meiwNrlklz5DBONM90beC385zetyGMY6DDoDg5ClGDra18Jw7_M8/s200/nilai+a+b.png

3. Analisis Korelasi
Dimana r dapat diketahui dengan rumus :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgS5EvkTYsLPkcSMjCmLoG63WjB7YGbSgJVWIk7p_ZIQhonTzRg_NqLAhW8ZAd8evCKu1uuG46pm4zJany2VyQMjnBrrziMCkHWU3uoovQ1cpWU-le5fcalC3sxlIhMmtBdHp4pEcgx6uY/s1600/korelasi+223.png
  • Jika r = 0 atau mendekati 0, maka pengaruh antara variabel sangat lemah atau tidak ada pengaruh sama sekali. 
  • Jika r = 1 atau mendekati 1, maka pengaruh antara variabel sangat kuat atau cukup kuat dan mempunyai pengaruh searah. 
  • Jika r = -1 atau mendekati -1, maka pengaruh antara variabel sangat kuat atau cukup kuat dan mempunyai pengaruh terbalik. 
Menurut Sugiyono (2012 : 231), menjelaskan bahwa untuk dapat memberi interpretasi terhadap lemah atau kuatnya pengaruh itu, maka dapat digunakan pedoman sebagai berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIUrjOkOu9kmLv5FzrzEOkzdQPV8C8LNLLrJRBrEpgVXphuJQ1OOImAkZ685g6FxP0kGPZnG-a6pK4AeJ8cT8q7Z85sZbNgR8l6S4xdZjdaA9SELaroGtqdfY_eZ0p-ehRThiJkpwxbtU/s1600/dd.png
4. Koefisien Determinasi
Koefisien determinasi adalah angka atau indeks yang digunakan untuk mengetahui besarnya sumbangan sebuah variabel atau lebih terhadap variasi naik turunnya variabel yang lain, dengan rumus :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_KtIAko7IhhFm3YRz7NI6P2IlGuEvimrmUjUcwEPoCO6uBF4a3m9Gwua5njSZdywuNcjmUOyVzH5obIDbO4KbdeLqT1EsvDkptBlIKfg7_J-cezL1PAkI3oJHm-rHQj7jfkQvzqsGclA/s320/koefisien+determinasi.png

5.  Rancangan Pengujian Hipotesis
a. Menentukan F_hitung dengan menggunakan statistik Uji F dengan rumus statistik menurut Sugiono (2012) adalah sebagai berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGRlIPUBuXApdCCNj5zIlyAoJXmvkfD2NBIrgsiAmN43oSKZdjcMv0NE9tfuHmsHoIBgcSHS2TDJZ2uMaqdIxxxiL_CHLT4CuYWLDgXgNx8kgqQmp5p1DzDajVpM8jDbjCpcnTteznSHc/s1600/regresiiiiiiii.png

b. Menentukan model keputusan dengan statistik Uji F asumsi pengujian adalah sebagai berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidnYy0UdR0Z4b9odcBiEwd5OXO_wKpweIKyvRpVtQ41BpGP8B9VM1yWgDObZjO1jke3Hb2RhRSwaDEybBZqCEtyXtmvIpbCVzKmGhELjpbEQxobyTwExTiTjRSJw6PKf5nvxksGzIcXH4/s1600/keputusan.png
6. Definisi Operasional
Variabel bebas (x) 
Yaitu variabel yang dalam hubungannya dengan variabel lain bertindak sebagai penyebab perubahan atau timbulnya variabel terikat ( dependent ). Dalam penelitian ini variabel bebas nya adalah sebagai berikut: 
  • Penempatan (X1) merupakan salah satu usaha untuk menyalurkan kemampuan karyawan sebaik-baiknya dengan jalan memberikan atau menempatkan karyawan pada posisi atau jabatan yang paling sesuai untuk memperoleh prestasi kerja yang optimal. 
  • Motivasi (X2) yaitu konsep yang digunakan utuk menggambarkan adanya dorongan-dorongan yang muncul dari dalam seorang individu. 

Variabel Terikat (Y) 
Yaitu variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas.Adapun variabel terikatnya adalah Kinerja pegawai yaitu hasil kerja yang telah dilakukan seseorang dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepadanya. 
Dari definisi operasional masing-masing variabel tersebut dapat kita lihat dalam tabel berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhPJfKaS7_RH-vbgv6MZT4vtR3moPqtwQUlO3jt_g9R3hVG5pqtEc44ulD60DSgQjLKOcZRYaw8N92tH4g199Isn3bN3fkpyVYtv5MfAXkpaAwNNE-k92WUW0CXl8-clQxJN3vCrNqUbhA/s1600/a.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkqKavmHnM15oL7zveJAnBqEm7aPeNHJ9fPiUcujMZfTIENmvcYL6Dew4QSD_QHa-ZgnbQwDuWQpwkZ7n8dUkvLsYGJFpg4bUUBMMZEUHDL6INVFbIWXc97qwrE6Hos53NJWNyM-yg7xs/s1600/b.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhd2JTn17jIGNvQEwSx6BqDFX8VX90hgB1KLHrLBkNViqMeSZbVAi-Jq6mjPzI9VasqJYjL15I91uG7ah-403Kflula7lOnfxHQTmISFFvYDYFa7Ir4BsQSb3G8vrhXtdRhLFpGX2pcAvc/s1600/c.png



7. Sistematika Penulisan
Sistimatika penulisan Proposal  ini disajikan dalam tiga  bab yang mana setiap babnya akan dibagi menjadi beberapa sub bab. Adapun sistimatika penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut: :

Bab I    : Pendahuluan

Pada bab ini, penulis mengemukakan tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, kerangka berpikir, hipotesis dan sistematika penulisan.

Bab II   : Landasan Teori

Pada bab  ini, penulis mengemukakan seputar teori yang telah ada yang dijadikan landasan dalam penulisan skripsi ini yang meliputi tentang Pengertian manajemen sumber daya manusia, Teori-teori yang berhubungan dengan disiplin kerja,  dan prestasi kerja.

Pada bab ini, penulis mengemukakan tentang Tempat dan waktu penelitian, Metode penelitian, Metode pengumpulan data serta Metode analisis data.

8. Jadwal Penelitian
No
Waktu

Tempat
Ket.
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       





Senin
Selasa
Rabu
Kamis
 jumaat







Dinas Bapeda Kota Jayaputa
Aktif













DAFTAR PUSTAKA

Arrizal, 2001. “Pemimpin Gaya Kepemimpinan Transaksional Mencapai Sukses
Melalui Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jurnal Kajian Bisnis. Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha. No. 22 Januari-April.
Bavendam, J. (2000). “Managing Job Satisfaction”.Special Report, Vol 6,
Bavendam Research Incorporated, Mercer Island.http://www.
bavendam.com/
Flippo, Edwin B. Masud Moh (alih bahasa),1990.Manajemen Personalia. Edisi
Keenam. Jilid Kedua.Jakarta : Erlangga
Ghozali, Imam (2005). Aplikasi Analisis Multivatiate dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., dan Donnelly, J.Jr. (1984). Organisasi dan
Manajemen: Perilaku, Sruktur, dan Proses. Edisi Keempat. Jakarta: Penerbit
Erlangga.
Handoko, T.H. (1992), Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta, BPFE
Heidrajrahcman dan Husnan Suad (2000) “Manajemen Personalia”, Yogyakarta,
BPFE
Kaihatu, T.S., Rini, W.Astjarjo (2007), “Kepemimpinan Transformasional dan
Pengaruhnya Terhadap Kepuasan atas Kualitas Kehidupan Kerja, Komitmen