Tuesday, March 8, 2016

Uncen Yason Ngelia

Ratusan Mahasiswa Uncen Demo Jokowi di Bawa Pimpinan YASON NGELIA



Jayapura - Ratusan mahasiswa Uncen memblokade gerbang pintu masuk kampus saat rombongan Presiden RI Jokowi datang. Mahasiswa menolak kedatangan Jokowi yang akan untuk memberikan kuliah umum di Aula Audotorium Uncen. Sempat terjadi kericuhan dalam aksi itu.
Mahasiswa yang mengenakan jas almamater jurusan masing-masing melakukan aksi unjuk rasa di depan gerbang kampus mulai pukul 12.00 WIB, Kamis (17/4/2015). Sejumlah spanduk dibentangkan oleh mahasiswa. Isinya antara lain 'Turut Berduka Cita Atas Politisasi Uncen' dan 'Kampus Netral Harga Mati'.
"Aksi ini intinya untuk menjaga kampus tetap netral bukan untuk menjatuhkan Jokowi," ujar koordinator aksi, mandowen yang merupakan mahasiswa Jurusan Fisip Angkatan 2011 itu.
Saat mereka tengah berorasi, datang rombongan mobil dari arah Jalan Waena. Mahasiswa yang berada di pinggir jalan, kemudian merangsek ke depan dan menghalangi mobil X-Trail yang berada paling depan, yang diduga milik mobil Paspampres Jokowi. Puluhan polisi dan TNI yang sejak tadi berjaga, lalu berusaha menghalau mahasiswa.
Sempat terjadi aksi dorong antara mahasiswa dan polisi serta TNI, yang membuat sejumlah mahasiswa terjatuh. Massa terus meneriakkan "Netralitas kampus harga mati."
Massa mahasiswa akhirnya terdesak mundur. Lalu satpam dan polisi membuat barikade. dua mobil yang salah satunya diduga ditumpangi Jokowi akhirnya bisa masuk. Sementara 8 mobil dan satu bus yang berada di Jalan Abepura batal masuk. Mereka meneruskan perjalanan ke arah Lingkaran Abepura.
Dua mobil berhasil masuk dan parkir di depan aula Audotorium Uncen, tempat kuliah umum akan digelar. Mahasiswa lalu berlarian menuju aula Audotorium Uncen dan membuat barikade di depan pintu masuk. Mereka terus meneriakkan netralitas kampus. Akhirnya dua mobil itu pun meninggalkan aula Audotorium Uncen. Hingga saat ini mahasiswa terus melakukan aksinya.
Sebelumnya, dalam kunjungan kerja ke Papua, Jokowi bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe. Keduanya berbincang akrab mengenai Pembangunan Infrastruktur yang sedang berjalan. Di Uncen, Jokowi akan memberikan kuliah umum.
 
 (Ditulis Oleh : Calvin Malo)
 
 
 

No comments: